Praktikum Asam Basa Menggunakan Indikator Alami🌹🌸🌈☕🍡


    Halooo~

Kali ini, seperti judul di atas, saya akan melakukan praktikum asam basa menggunakan indikator alami. Sebelum itu, sebaiknya kita mengetahui apa itu asam, basa, dan indikator alami.

Asam adalah zat (senyawa) yang menyebabkan rasa masam pada berbagai materi.

Basa adalah zat (senyawa) yang dapat bereaksi dengan asam, menghasilkan senyawa yang disebut garam.

Indikator alami adalah indikator yang dibuat menggunakan ekstrak tumbuhan-tumbuhan.

Nah, setelah tau Ayo mempraktekannya!

Format Laporan Praktikum
Praktikum Asam Basa Menggunakan Indikator Alami

Tujuan: untuk semakin mengetahui lebih dalam dan dapat membedakan asam dan basa menggunakan indikator alami

Alat dan bahan:🌸πŸ₯›

1.sedotan

2.wadah (boleh mangkuk kecil-kecil, palet, tempat es juga boleh)

3.jeruk nipis

4.pasta gigi (saya menggunakan antiplaque)

5.deterjen (saya menggunakan rinso)

6.sabun cuci piring (saya menggunakan sunlight)

7.susu fullcream

8.teh (diseduh ya kalau saya tidak ditambah gula)

9.kopi (sama seperti teh diseduh dulu dan tidak menggunakan gula saya menggunakan kopi hitam)

10.shampoo (saya menggunakan pantene)

11.sabun (saya menggunakan lifebuoy)

12.minuman bersoda (saya menggunakan sprite)

13.buah naga

Cara kerja:🌹☕

1.Siapkan alat dan bahan

2.hancurkan/tumbuk buah naga, saring

3.masukkan jeruk nipis (peras), pasta gigi (diberi air sedikit agar encer), deterjen (diberi air sedikit agar encer), sabun cuci piring (diberi air sedikit agar encer), susu full cream, teh (yang sudah diseduh), kopi (yang sudah diseduh), shampoo (diberi air sedikit agar encer), sabun (diberi air sedikit agar encer), minuman bersoda. 1 jenis bahan 1 wadah.

4.teteskan air dari buah naga ke masing-masing bahan yang sudah dimasukkan di wadah menggunakan sedotan

Hasil:

No

Bahan yang diuji

Warna setelah dicampur dengan indikator (Buah Naga)

Sifat larutan

1.

Jeruk nipis

Merah keunguan

Asam

2.

Pasta gigi

Ungu keputihan

Basa

3.

Deterjen

Ungu pekat

Basa

4.

Sabun cuci piring

Ungu

Basa

5.

Susu fullcream

Ungu keputihan

Netral

6.

Teh

Merah

Asam

7.

Kopi

Merah kecoklatan

Asam

8.

Shampoo

Ungu muda

Basa

9.

Sabun

Ungu

Basa

10.

Minuman bersoda

Merah keunguan

Asam




before

after
Pembahasan: Cara untuk membedakan asam dan basanya yaitu yang berwarna kemerahan asam dan yang berwarna ungu itu basa
Kesimpulan: 
1.Jeruk nipis, teh, kopi, minuman bersoda itu bersifat asam. Pasta gigi, deterjen, Sabun cuci piring, shampoo, dan sabun bersifat basa. Susu fullcream bersifat netral.
2.Buah naga dapat menjadi indikator yang cukup akurat untuk menentukan asam atau basa suatu bahan.

Terimakasih sudah membaca blog saya
Sayonara~
https://images.app.goo.gl/CNyWMkdZf8jQSLoR6









Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT IKLAN

Yuk, kita belajar tentang zat aditif dalam bahan makanan!

Was-was, sebuah boneka naga kawaii unch kiyowo dikabarkan menghilang secara misterius