Menanam tanaman TOGAπŸŒˆπŸƒπŸ’ŠπŸŒ»

 

Hai~🌻

kali ini saya akan membahas tentang cara menanam beberapa tanaman toga,tapi sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu TOGA?

TOGA yaitu singkatan dari Tanaman Obat Keluarga.Yup,TOGA adalah tanaman yang memiliki manfaat sebagai obat. Biasanya tanaman TOGA ditanam di sekitar rumah, dan biasanya digunakan sebagai obat tradisional.

Nah,karena sudah mengetahui apa itu tanaman TOGA,Ayo menanamnya!

1.Daun bawangπŸƒπŸ’Š

Pertama-tama siapkan daun bawang(yang memiliki akar yang masih banyak dan segar/tidak kering),kedua potong daun bawang(potong antara akar dan daun), ketiga siapkan pot,media tanam,pecahan genting/sterofoam dan sekop lalu letakkan pecahan genting atau sterofoam di lubang-lubang dalam pot(agar air tidak langsung merembes keluar pot)keempat masukkan media tanam ke dalam pot, kelima masukkan akar daun bawang ke dalam tanah usahakan posisinya berdiri, yang terakhir jangan lupa siram daun bawang dengan air sekali sehari

Daun Bawang kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari polusi dan racun, berperan dalam proses penyembuhan tubuh, dan memberikan kontribusi untuk pemeliharaan kulit, tulang, kuku, serta gigi. Mencukupi Asupan serat. Serat yang terdapat di dalam daun bawang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan melindungi usus dari infeksi karena bekerja terlalu keras.

Tidak berhenti di situ, mengonsumsi cukup serat juga bisa melindungi tubuh dari penyakit perut lainnya seperti sembelit, kembung, dan diare.Mencegah pertumbuhan sel kanker,dll.


2. Lidah buayaπŸƒπŸ’Š
Sebenarnya,cara menanam lidah buaya ada 2 yaitu dengan daunnya dan dengan tunas.Saya akan memberi tahu cara yang menggunakan tunas saja karena lebih mudah.
Pertama,siapkan tunas lidah buaya,pot,sekop,dan media tanam. Ambil tunasnya lalu masukkan media tanam ke dalam pot,letakkan tunas lidah buaya dengan posisi tegak lalu timbun lagi dengan tanah sehingga bisa berdiri tegak. Jangan lupa siram dengan air setiap hari jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu berlebihan. Jika terlalu berlebihan,daunnya akan berubah menjadi kuning.

Lidah buaya dapat mengobati luka bakar,meredakan GERD,menurunkan kadar gula darah,menangani sari awan,mengatasi jerawat,dll.

3.JaheπŸƒπŸ’Š
Pilih jahe yang bagus(utuh dan segar),lalu siapkan pot,media tanam/tanah lalu jahe dimasukan didalam tanahnyalalu siram air. Beberapa hari kemudian akan muncul tunas dan daun. 
Jahe dapat meredakan nyeri,mengobati rematik,mengobati mual-mual,dll.
4.Daun KelorπŸƒπŸ’Š
Ambil dahan atau ranting kelor lalu dimasukkan atau ditancapkan ke tanah. Jangan lupa disiram air. Pada ranting atau dahan yang sudah ditancapkan,beberapa hari akan ada tunas dan daun. Awas jangan sampai dahan terbalik!
Daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah,mengatasi peradangan,mengontrol tekanan darah,memelihara kesehatan dan fungsi otak,meningkatkan daya tahan tubuh,dll.
5.KunyitπŸƒπŸ’Š
Siapkan kunyit,media tanam,dan pot. Masukkan media tanam ke dalam pot,lalu masukkan kunyit.Timbun lagi dengan tanah.Jangan lupa siram kunyit setiap hari.
Kunyit dapat mengobati radang,mengobati perut kembung,Obat maag,dll.
Waah,ternyata banyak tanaman-tanaman TOGA yang mudah didapat dan mudah ditanam.
Manfaatnya pun luar biasa.
Terimakasih telah membaca,semoga bermanfaat
Sayonara~🌻
https://images.app.goo.gl/9gKME2r4howfbfep8








Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT IKLAN

Yuk, kita belajar tentang zat aditif dalam bahan makanan!

Was-was, sebuah boneka naga kawaii unch kiyowo dikabarkan menghilang secara misterius