Laporan Membaca Buku Teks Laporan Hasil Observasi

 

Konnichiwa~

Kali ini saya akan membahas tentang laporan membaca buku teks laporan hasil observasi.

👾Laporan hasil observasi berisi pembahasan tentang suatu objek atau konsep. Objek yang dibahas bersifat umum sehingga menjelaskan ciri umum semua yang termasuk kategori atau kelompok itu. Laporan hasil observasi bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu. Objek dibahas secara sistematis, dirinci bagian-bagiannya, dan objektif. Laporan hasil obseravasi memerinci objek atau hal sistematis dari sudut ilmu.

👾Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi,setelah diadakannya investigasi/penelitian secara sistematis.

Struktur umum teks laporan hasil observasi mencakup: pernyataan umum, deskripsi bagian, simpulan.

❤️Pernyataan umum adalah pernyataan umum yang berisi definisi, kelas/kelompok, keterangan umum, atau informasi tambahan tentang subjek yang dilaporkan. 

🧡Deskripsi bagian berisi perincian bagian-bagian hal yang dilaporkan. Kata sambung yang digunakan: yaitu,dan,selain itu,disamping itu,dari segi,dll. Rincian jenis kelompok pertama,kedua, dll.

💛Simpulan berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan.

Ciri bahasa Teks Laporan Hasil Observasi adalah menggunakan istilah dalam bidang ilmu tertentu, definisi menggunakan adalah dan merupakan.👉Penggunaan kata yang sebagai pembeda pada kalimat definisi

Ciri bahasa Teks laporan Hasil Observasi adalah menggunakan kata khusus dan menggunakan kalimat-kalimat yang menjelaskan(memerinci).👉Deskripsi bagian menggunakan istilah dalam bidang ilmu, kata baku, dan kalimat efektif. 

👾Judul-judul yang dapat digunakan sebagai judul teks laporan hasil observasi diantaranya: Hutan Bakau,Museum,Kucing,Kunang-kunang,Lebah,Manggis,Apel,dll.

Manfaat dari kegiatan mengamati dengan membaca buku kemudian menuliskan hasil pengamatan diantaranya 👉kita semakin mengetahui dan akan lebih mudah menghafalkan tentang teks laporan hasil observasi daripada dengan membaca. Kita semakin rajin dan terbiasa untuk membuat laporan.

Sekian, Terimakasih sudah membaca blog saya

Sayonara~

https://images.app.goo.gl/JQFyXGG41mEKuDDXA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT IKLAN

Yuk, kita belajar tentang zat aditif dalam bahan makanan!

Was-was, sebuah boneka naga kawaii unch kiyowo dikabarkan menghilang secara misterius